Minggu, 07 Maret 2010

Comfort Zone

Hai welcome to the third month of this year :) ga terasa sudah masuk bulan maret :) hope this month become a beautiful month that we can remember! :D yey yey!

Hal yang ingin gw bahas di awal bulan ke 3 ini adalah mengenai comfort zone. kalau kita dengerin seminar-seminar atau powerpoint-powerpoint tentang kesuksesan, pasti ada point mengenai comfort zone. Yang biasa tertulis, "Kita harus keluar dari zona nyaman kita"

apa sih sebenarnya zona nyaman itu? in my opinion. Comfort zone adalah suatu zona yang hanya akan mengurung diri kita. Suatu zona yang menutup imajinasi kita, suatu zona yang akan membuat kita terkekang dalam suatu kandang yang berisi dengan begitu banyak kemudahan yang tersedia!

Enak sih sebenarnya. yes, gw juga merasakannya :) dan itu sangat enak! but kita tidak akan selamanya akan berada di zona nyaman kita. Keadaan mungkin akan memaksa kita keluar atau diri kita sendiri (pilihan yang kita ambil) yang membawa kita keluar dari zona nyaman tersebut.

So, andaikan kita dipaksa buat keluar dari zona nyaman atau memilih untuk keluar dari zona nyaman tersebut. Apa yang bisa kita lakukan? Adaptation is the key~

Teori seleksi alam mengatakan kalau mahluk hidup yang dapat bertahan hidup adalah mahluk hidup yg dapat beradaptasi dengan baik ( CMIIW :p ) so, sama dengan kita manusia. Saat kita dipaksa harus keluar dari zona nyaman kita, entah karena sebuah keadaan atau sebuah pilihan. Kita ga boleh kendorkan semangat kita! Orang-orang sukses adalah orang-orang yang tahan akan tentangan yang ada didepan mata, menaklukan setiap rintangan yang ada dan menjadi pemenang dengan mengatasi kelemahan dia!

So if the adaption is the key? how to adapt!? Jawabannya ada di masing-masing diri kita! Kita yang paling mengerti diri kita, kita yang paling mengenal diri kita jadi kita yang paling tau bagaimana beradaptasi dengan benar di lingkungan yang udah berbeda!

Gw punya suatu perumapaman, namanya filosofi cangkul! Andaikan saat di comfort zone kita, kita berada disebuah pantai, dilengkapi dengan perahu yang hebat, teknologi penangkap ikan terbaik, dan kita membawa pancingan buat menangkap ikan, maka kita akan sangat2 mudah mencari uang dgn mencari ikan!

Tiba2 karena suatu bencana alam! kalian harus keluar dari pantai dan berpindah ke sebuah ladang, apa yang harus kalian buat bertahan hidup? of course bertani! tetapi kalian jgn menggunakan pancingan yang kalian bawa dari pantai! Tanggalkan pancingan itu, kalian harus ganti dengan cangkul! Dengan mengganti dari pancingan ke cangkul -> kalian bisa survive! bisa mulai usaha lagi!

Dan cangkul itu, hanya kalian yang tau tempatnya ada dimana, bukan gw atau teman2 lain yang tau! orang2 disekitar kita hanya bisa men-support kita buat beradaptasi dgn lbh baik! selama kita tidak mau terima dan tidak mau beradaptasi, kita akan mati ditelan oleh keadaan dan waktu!

One word before I ended this blog~ Saat kita dipaksa atau terpaksa memilih untuk meninggalkan comfort zone kita apapun alasannya. Peracayalah, itu semua bukan sebuah cobaan, sebuah kutukan, sebuah takdir, sebuah karma yang Tuhan siapkan buat kalian. Tuhan itu baik banget, sangat2 baik. Kalau orang berkata "gw ada di sini gara2 karma gw", "Ini adalah cobaan dari Tuhan, Tuhan lagi marah", "Ini memang takdir yang udh d tentuin dari Tuhan", atau apa kek~ Gw adalah orang yang ga bisa terima dengan perkataan seperti itu..

Karena menurut gw saat Tuhan tempatin kalian di luar zona nyaman kalian. Entah bagaimana keras atau bagaimana jahat-nya, dan tidak bersahabatnya zona baru tersebuat buat kalian. Percayalah, Tuhan sedang mengambil satu kelemahan kalian, supaya kita semua bisa menjadi orang yang lebih baik lagi! Kita sedang dimatangkan untuk sesuatu yang besar di masa depan! Believe it! It's true!

Tidak ada komentar: